PENGARUH KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UMKM BINAAN DINAS PERDAGANGAN, KOPERASI DAN UKM KOTA CIREBON

Ariyani S, R. Misriah; Fauzan, Muhammad

  • Pengelola Jurnal CENDEKIA Jaya
  • R. Misriah Ariyani S. Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon
Keywords: Kompetensi Kewirausahaan, Kinerja UMKM

Abstract

Penelitian mengenai Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan terhadap Kinerja UMKM binaan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Cirebon. Latar belakang dalam penelitian ini adalah keterbatasan jiwa kewirausahaan pelaku UMKM, rendahnya kompetensi SDM dan kurangnya pembinaan kelembagaan terhadap UMKM yang dilakukan secara end-to-end. Variabel dalam penelitian ini adalah Kompetensi Kewirausahaan (X) sebagai variabel independen dan Kinerja UMKM (Y) sebagai variabel dependen.

 Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling yaitu purposive sampling dengan 100 sampel penelitian dari 2.600 UMKM binaan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Cirebon sebagai populasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang disebarkan kepada responden.

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan analisis regresi linier sederhana sedangkan pengujian statistik dilakukan dengan uji t yang sebelumnya melakukan uji asumsi klasik berupa uji normalitas dan uji heteroskedastisitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi Kewirausahaan memiliki korelasi positif terhadap Kinerja UMKM. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya para pelaku UMKM aktif dalam berpartisipasi pada event-event berupa workshop maupun seminar yang dapat meningkatkan kompetensi kewirausahaan agar lebih komprehensif yang akhirnya dapat memberikan pengaruh positif terhadap kinerja UMKM.

 

Published
2020-07-31
Section
Articles