ANALISIS KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. KERETA API INDONESIA (KAI) DAOP 3 CIREBON

Kusumah, Adie Irwan; Khaerudin, Wahyu

  • Pengelola Jurnal CENDEKIA Jaya
  • Adie Irwan Kusumah Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon
Keywords: Komitmen Organisasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Belum meratanya hasil kinerja karyawan yang baik yang disebabkan masih ada karyawan yang belum memahami komitmen terhadap perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 3 Cirebon, sehingga penulis tertarik untuk mengadakan penelitian yang dituangan dalam bentuk skripsi dengan judul Analisis Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 3 Cirebon.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analisis, sedangkan teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengambilan sampel secara acak sederhana yaitu berjumlah 93 responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan studi kepustakaan, observasi, angket dan studi dokumentasi. Analisis data tentang  pengaruh antara variabel bebas yaitu komitmen organisasi dengan variabel terikat kinerja karyawan.

Hasil diperoleh nilai thitung sebesar 7,382 sedangkan pada t tabel pada df 93 adalah sebesar 1,661; sehingga thitung > ttabel atau 7,382 > 1,661. Ini artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 3 Cirebon, dengan demikian hipotesis terbukti. Sedangkan nilai koefesien korelasi sebesar 0,612 sedangkan nilai koefesien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,375 atau 37,50%. Hal ini persentase pengaruh variabel komitmen organisasi terhadap kinerja  pegawai sebesar 37,50%.  Sedangkan sisanya sebesar 62,50% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2021-02-27