PENGARUH E-COMMERCE DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA TIKET PESAWAT TERBANG

Basuki, Kustiadi

  • Pengelola Jurnal CENDEKIA Jaya
  • Kustiadi Basuki Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
Keywords: E-commerce, Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis pengaruh e-commerce dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna jasa Traveloka. Banyak orang saat ini lebih tertarik menggunakan transportasi dengan pesawat terbang dalam perjalanan dinas maupun aktivitas bisnisnya, dikarenakan dianggap lebih efektif dan menghemat waktu. Populasi dalam penelitian ini adalah para penumpang dan calon penumpang pesawat terbang yang berada di Bandara Soeksrnrno-Hatta. Adapun sampel penelitian adalah para penumpang yang membeli tiket melalui perusahaan jasa Traveloka.

Teknik penentuan sampel menggunakan salah satu metode non-probability sampling yaitu, accidental sampling merupakan teknik penentuan sampel didasarkan kebetulan bertemu dan dianggap cocok sebagai sumber data oleh peneliti dijadikan sebagai sampel. Pengumpulan data melalui daftar pertanyaan (kuesioner) yang diberikan kepada responden untuk diisi, selanjutnya data dianalisis dengan metode SEM melalui software partial least square (PLS).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel E-commerce tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna, variabel E-commerce berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Layanan  dan variabel Kualitas Layanan berpengaruh signifikan terhadap  Kepuasan Pengguna Tiket Pesawat.

Published
2021-02-27