KUALITAS PELAYANAN IJIN USAHA PERDAGANGAN ONLINE TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN INVESTASI PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI KABUPATEN CIREBON

Erna; Adriyani, Ria; Rohaeni

  • Pengelola Jurnal CENDEKIA Jaya
  • Erna Erna Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, SIUP online

Abstract

Pelayanan Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan Online merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat saat ini sebagai upaya meningkatkan investasi,  maka dari itu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Cirebon (DPMPTSP) berupaya memperbaiki kualitas pelayanan yang akan memberikan kepuasan kepada masyarakat. Pembuatan SIUP secara online belum optimal, disebabkan ada permasalahan krusial terutama ketersediaan  internet sebagai media utama, sering mengalami  gangguan jaringan. Kegiatan sosialisasi dan edukasi terkait prosedur pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan online masih minim, khususnya cara mengakses maupun modul dan vitur yang ada laman tersebut tidak dipahami, dan kemampuan sumber daya manusia masih kurang memadai, mengakibatkan pelayanan tidak efektif dan efisien.

Metode penelitian menggunakan deskriptif analisis, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan pembuatan SIUP Online terhadap tingkat kepuasan masyarakat pada DPMPTSP Kabupaten Cirebon sudah menerapkan dimensi kualitas pelayanan dengan baik walaupun belum sepenuhnya, disebabkan kurangnya sosialisasi terutama tentang  modul dan vitur yang ada di laman tersebut sehingga  masyarakat kesulitan dalam mengakses pelayanan SIUP secara online karena banyak yang menggunakan laman tersebut, sehingga pelayanan yang diberikan belum sesuai harapan masyarakat. Adapun upaya yang dilakukan mengatasi permasalahan adalah mengadakan sosialisasi  dan mengedukasi kepada masyarakat bagaimana mengatasi kesulitan akses dan modul serta vitur pada laman tersebut. Demi meningkatkan pelayanan SIUP online disarankan  menyediakan  tempat  bimbingan dan konsultasi agar masyarakat tidak kesulitan dalam mengakses data pada laman tersebut, meningkatkan kapasitas internet yang ada, melakukan evaluasi bulanan terhadap kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan, membuat kotak saran, dan menyebarkan kuesioner kepada  masyarakat pengguna jasa untuk mengetahui kepuasan masyarakat pengguna jasa.

 

Published
2021-02-27