STRATEGI MARKETING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGUNJUNG VILLA DI ERA NEW NORMAL PENELITIAN PADA VILLA ARRAYA , SITUGUNUNG KABUPATEN SUKABUMI

manajemen strategi

  • Tia Ernawati AMIK Citra Buana Indonesia

Abstract

ABSTRAK

Villa yang terdampak akibat penerapan PSBB ini adalah Villa Arraya yang bertempat di Jl. Situgunung Kec. Kadudampit Kab. Sukabumi. Pengunjung Villa Arraya sebelum terjadi Pandemi Covid19 dan Penerapan PSBB, cukup ramai, hampir setiap minggu, hari yang survey dan memesan villa banyak, tapi setelah diadakan penutupan tempat pariwisata , pengunjung dan penyewa villa mengalami penurunan malah sepi dalam kurun waktu beberapa bulan, itu dikarenakan masyarakat dihimbau untuk tidak keluar rumah oleh pemerintah. Adapun tujuan dari penilitan ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang harus di gunakan oleh pengelola Villa Arraya dalam upaya meningkatkan pengunjung villla. Manfat penelitian, peneliti berharap dapat membantu memecahkan masalah yang di hadapi pengelola villa pasca pemberlakuan PSBB di kabupaten sukabumi. Metode Penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis SWOT guna menentukan strategi apa yang harus di gunakan oleh pihak pengelola. Serta studi litelatur dan penyebaran angket kuesioner terhadap pengelola, pengunjung serta karyawan di villa arraya tersebut. Dimana hasil dari penelitian tersebut dan hasil perhitungan analisis yang peneliti lakukan tersebut bahwa untuk nilai IFAS adalah sebesar 3,13. Sedangkan Untuk Nilai IFAS adalah 3,13. Ini berati dapat di katakan Bahwa strategi pengelola Villa Arraya yang di terapkan saat ini memiliki kemampuan yang moderat (Sedang) dalam Mengelola Sumber daya Internalnya. Sedangkan Untuk Nilai EFAS sendiri adalah 3,15 ini juga berati Strategi yang diterapkan pengelola villa arraya saat ini memiliki kemapuan yang moderat (Sedang). Strategi yang harus di terapkan melihat dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk menghadapi kemungkinan  ancaman dari luar pemilik villa arraya harus dapat mengubah strategi, misalnya pembangunan sarana informasi atau promosi berbasis WEB agar capaian dan jangkauan penggunjung lebih luas. Serta meningkatkan daya tarik tersendiri dengan merapihkan fasilitas villa guna meningkatkan kenyamanan konsumen yang berkunjung ke villa tsb.

Kata Kunci. Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategi, Analisis SWOT, Villa.

 

Published
2021-04-18
How to Cite
Ernawati, T. (2021). STRATEGI MARKETING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGUNJUNG VILLA DI ERA NEW NORMAL PENELITIAN PADA VILLA ARRAYA , SITUGUNUNG KABUPATEN SUKABUMI. Exchall, 3(1), 9-16. https://doi.org/10.47685/exchall.v3i1.114
Section
Articles